A.
PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang
Pada zaman
sekarang ini perkembangan teknologi terasa sangat pesat. Dengan berkembangnya
teknologi pada sekarang ini maka berpengaruh juga terhadap dunia pendidikan.
Sekarang kegiatan pembelajaran tidak hanya dilakukan dengan tatap muka saja di
dalam kelas tetapi juga dengan pembelajaran jarak jauh baik itu secara online maupun offline. Pembelajaran online
tidak harus dilakukan dengan tatap muka tetapi bisa dimana saja dan kapan saja
tanpa terbatas dengan adanya jarak. Dulu kita mencari materi hanya dari buku,
sekarang kita bisa mencari materi di internet. Dengan demikian para siswa
diharapkan dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, karena semuanya sudah
dimudahkan dengan berbagai kemajuan teknologi yang ada.
Pada saat ini sedang
marak-maraknya berbagai media jejaring sosial, contohnya twitter, facebook,
path, instagram dan masih banyak lainnya. Adanya berbagai media jejaring sosial
tersebut juga merupakan hasil dari kemajuan teknologi. Dan pada saat ini tidak
hanya web-based learning yang digunakan sebagai media pembelajaran e-learning tetapi jejaring sosial juga.
Dan salah satunya yaitu penggunaan facebook sebagai forum diskusi mata kuliah
Difusi Inovasi Pendidikan. Apakah penggunaan facebook dalam mata kuliah ini merupakan
suatu inovasi? Apakah siswanya menjadi aktif? Dan apakah efektif? Dalam artikel
ini, saya akan membahas hasil survey mengenai keaktifan siswa dalam pemanfaatan
facebook sebagai dalam mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan.
2. Pertanyaan
Survei
a.
"Apakah
Forum Group Discussion IDP ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini?".
Kalau Anda jawab "YES", atau "NO" atau "YES &
NO", berikan alasan mengacu pada teori Rogers & Reigeluth.
b.
Berapa jumlah
frekuensi mahasiswa yang menjawab serta berapa yang tidak menjawab?
c.
Dari jumlah
mahasiswa yang menjawab, berapa yang memilih
"YES", "NO", dan "YES & NO"?
3. Tujuan
dan Maanfaat
Tujuannya untuk
mengetahui apakah penggunaan facebook sebagai media pembelajaran efektif atau
tidak dan mengetahui tingkat keaktifan siswa dalam forum diskusi ini. Dengan
demikian kita akan mengetahui seefektif apakah penggunaan facebook sebagai
media pembelajaran Difusi Inovasi Pendidikan.
4. Responden
Survei
Responden dari
survei ini adalah mahasiswa Teknologi Pendidikan UNJ Regular 2012 yang mengambil
mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan, yang berjumlah 41 orang.
5. Teknik Survei
Melakukan
penghitungan data dari jawaban-jawaban yang berasal dari pertanyaan yang disampaikan
Ibu Retno mengenai bagaimana
pendapat mereka tentang forum diskusi facebook ini apa merupakan sebuah inovasi
atau bukan serta alasannya.
B. HASIL SURVEI
a) Data Mahasiswa yang Menjawab dan Tidak Menjawab
di Diskusi Sebelumnya
b) Data Mahasiswa yang Menjawab “Yes”, “No”, dan
“Yes dan No”
c) Pengklasifikasian Mahasiswa dengan Jawaban yang
Sama
1. Yang Menjawab "Yes"
2. Yang Menjawab "No"
3. Yang Menjawab "Yes & No"
C. PEMBAHASAN
Teori Rogers mendefisisikan bahwa inovasi adalah suatu ide, gagasan,
praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru
oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi. Teori Reigeluth
mendefinisikan inovasi adalah suatu
proses perubahan secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam mencapai suatu
tujuan tertentu.
Berdasarkan
data di atas dapat kita lihat, 78% atau 32 mahasiswa aktif atau menjawab
pertanyaan dan sisanya 22% atau 9 mahasiswa
tidak aktif atau tidak menjawab pertanyaan yang diajukan Ibu Retno.
Dari seluruh
mahasiswa yang menjawab pertanyaan memiliki jawaban dan pendapatnya
masing-masing mengenai ‘apakah penggunaan facebook dalam pembelajaran merupakan
suatu inovasi?’. Dari 32 mahasiswa yang menjawab ‘yes’ sebanyak 4 orang, yang
menjawab ‘no’ sebanyak 8 orang, dan sisanya 20 orang menjawab ‘yes & no’. Dapat
kita lihat, mayoritas mahasiswa menjawab ‘yes & no’.
Selanjutnya,
dari keempat mahasiswa yang berpendapat penggunaan facebook dalam pembelajaran
merupakan suatu inovasi secara garis besar memiliki alasan yang sama, yaitu belum
pernah menggunakan facebook sebagai media pembelajaran dan bersifat
berkelanjutan dan menyuruh, walaupun sebelumnya sudah pernah menggunakan
web-based learning untuk pembelajaran. Dari kedelapan mahasiswa yang
berpendapat facebook bukanlah suatu inovasi dalam pembelajaran dikelompokkan menjadi
tiga berdasarkan alasannya masing-masing. Alasan pertama; sudah pernah
merasakan online learning dan berpendapat bahwa facebook termasuk dari online
learning dan dianggap tidak menyeluruh dan berkelanjutan hanya melakukan
tanya-jawab, dan empat mahasiswa yang memiliki alasan tersebut. Alasan kedua; Sudah
pernah merasakan online learning dan berpendapat bahwa facebook termasuk online
learning dan penggunaan facebook dianggap tidak berkelanjutan hanya sebagai
penunjang saja, dan dua mahasiswa yang memiliki alasan tersebut. Alasan ketiga;
Sudah pernah merasakan online learning (facebook termasuk online learning) sebelumnya,
dan dua mahasiswa yang memiliki alasan tersebut. Dari keduapuluh mahasiswa yang menjawab yes
dan no dikelompokkan menjadi empat berdasarkan alasannya masing-masing. Alasan
pertama; belum pernah menggunakan facebook sebagai media pembelajaran dan
dianggap tidak berkelanjutan dan tidak menyeluruh, terdapat tujuh mahasiswa
yang memiliki alasan tersebut. Alasan kedua; sudah pernah merasakan online
learning (facebook termasuk online learning) dan dianggap berkelanjutan dan
menyeluruh, terdapat tujuh mahasiswa yang memiliki alasan tersebut. Alasan
ketiga; belum pernah menggunakan facebook sebagai media pembelajaran dan dianggap
berkelanjutan dan menyeluruh, terdapat dua mahasiswa yang memiliki alasan
tersebut. Dan terakhir alasan keempat; belum pernah menggunakan facebook sebagai
media pembelajaran, terdapat empat mahasiswa yang memiliki alasan tersebut.
Dapat kita
lihat, jawaban dari masing-masing mahasiswa beragam walaupun cenderung serupa.
Karena masing-masing mahasiswa berpendapat sesuai dengan pengalaman dan
pemikirannya sendiri.
D. KESIMPULAN
Berdasarkan
data keseluruhan dapat disimpulkan keaktifan mahasiswa TP reguler 2012 dalam forum
diskusi facebook mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan masih tinggi, karena
mayoritasnya menjawab pertanyaan apa yang Ibu Retno ajukan, yaitu “Apakah forum diskusi facebool DIP ini termasuk inovasi
dalam mata kuliah ini?”. Jawaban dari pertanyaan tersebut memiliki jawaban yang beragam. Karena
inovasi bersifat relatif dan tergantung pada masing-masing individu itu
sendiri.
DAFTAR PUSTAKA
https://www.facebook.com/groups/609115625823877/
Roger,
Everett M. 1995. Diffusion of Innovations Four Edition.New York: The Free Press