Selasa, 08 April 2014

Grup Diskusi Facebook Merupakan Inovasi atau Bukan?

        A.      PENDAHULUAN
1.       Latar Belakang
Pada zaman sekarang ini perkembangan teknologi terasa sangat pesat. Dengan berkembangnya teknologi pada sekarang ini maka berpengaruh juga terhadap dunia pendidikan. Sekarang kegiatan pembelajaran tidak hanya dilakukan dengan tatap muka saja di dalam kelas tetapi juga dengan pembelajaran jarak jauh baik itu secara online maupun offline. Pembelajaran online tidak harus dilakukan dengan tatap muka tetapi bisa dimana saja dan kapan saja tanpa terbatas dengan adanya jarak. Dulu kita mencari materi hanya dari buku, sekarang kita bisa mencari materi di internet. Dengan demikian para siswa diharapkan dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, karena semuanya sudah dimudahkan dengan berbagai kemajuan teknologi yang ada.
Pada saat ini sedang marak-maraknya berbagai media jejaring sosial, contohnya twitter, facebook, path, instagram dan masih banyak lainnya. Adanya berbagai media jejaring sosial tersebut juga merupakan hasil dari kemajuan teknologi. Dan pada saat ini tidak hanya web-based learning yang digunakan sebagai media pembelajaran e-learning tetapi jejaring sosial juga. Dan salah satunya yaitu penggunaan facebook sebagai forum diskusi mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan. Apakah penggunaan facebook dalam mata kuliah ini merupakan suatu inovasi? Apakah siswanya menjadi aktif? Dan apakah efektif? Dalam artikel ini, saya akan membahas hasil survey mengenai keaktifan siswa dalam pemanfaatan facebook sebagai dalam mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan.
2.       Pertanyaan Survei
a.       "Apakah Forum Group Discussion IDP ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini?". Kalau Anda jawab "YES", atau "NO" atau "YES & NO", berikan alasan mengacu pada teori Rogers & Reigeluth.
b.      Berapa jumlah frekuensi mahasiswa yang menjawab serta berapa yang tidak menjawab?
c.       Dari jumlah mahasiswa yang menjawab, berapa yang memilih "YES", "NO", dan "YES & NO"?
3.       Tujuan dan Maanfaat
Tujuannya untuk mengetahui apakah penggunaan facebook sebagai media pembelajaran efektif atau tidak dan mengetahui tingkat keaktifan siswa dalam forum diskusi ini. Dengan demikian kita akan mengetahui seefektif apakah penggunaan facebook sebagai media pembelajaran Difusi Inovasi Pendidikan.
4.       Responden Survei
Responden dari survei ini adalah mahasiswa Teknologi Pendidikan UNJ Regular 2012 yang mengambil mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan, yang berjumlah 41 orang.
5.        Teknik Survei
Melakukan penghitungan data dari jawaban-jawaban yang berasal dari pertanyaan yang disampaikan Ibu Retno mengenai bagaimana pendapat mereka tentang forum diskusi facebook ini apa merupakan sebuah inovasi atau bukan serta alasannya.

       B.      HASIL SURVEI
                   a) Data Mahasiswa yang Menjawab dan Tidak Menjawab di Diskusi Sebelumnya





       b) Data Mahasiswa yang Menjawab “Yes”, “No”, dan “Yes dan No”






 c) Pengklasifikasian Mahasiswa dengan Jawaban yang Sama
     1. Yang Menjawab "Yes"








     2. Yang Menjawab "No"







     

         3. Yang Menjawab "Yes & No"






       C.     PEMBAHASAN
Teori Rogers mendefisisikan bahwa inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi. Teori Reigeluth mendefinisikan inovasi adalah suatu proses perubahan secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam mencapai suatu tujuan tertentu.
Berdasarkan data di atas dapat kita lihat, 78% atau 32 mahasiswa aktif atau menjawab pertanyaan dan  sisanya 22% atau 9 mahasiswa tidak aktif atau tidak menjawab pertanyaan yang diajukan Ibu Retno.
Dari seluruh mahasiswa yang menjawab pertanyaan memiliki jawaban dan pendapatnya masing-masing mengenai ‘apakah penggunaan facebook dalam pembelajaran merupakan suatu inovasi?’. Dari 32 mahasiswa yang menjawab ‘yes’ sebanyak 4 orang, yang menjawab ‘no’ sebanyak 8 orang, dan sisanya 20 orang menjawab ‘yes & no’. Dapat kita lihat, mayoritas mahasiswa menjawab ‘yes & no’.
Selanjutnya, dari keempat mahasiswa yang berpendapat penggunaan facebook dalam pembelajaran merupakan suatu inovasi secara garis besar memiliki alasan yang sama, yaitu belum pernah menggunakan facebook sebagai media pembelajaran dan bersifat berkelanjutan dan menyuruh, walaupun sebelumnya sudah pernah menggunakan web-based learning untuk pembelajaran. Dari kedelapan mahasiswa yang berpendapat facebook bukanlah suatu inovasi dalam pembelajaran dikelompokkan menjadi tiga berdasarkan alasannya masing-masing. Alasan pertama; sudah pernah merasakan online learning dan berpendapat bahwa facebook termasuk dari online learning dan dianggap tidak menyeluruh dan berkelanjutan hanya melakukan tanya-jawab, dan empat mahasiswa yang memiliki alasan tersebut. Alasan kedua; Sudah pernah merasakan online learning dan berpendapat bahwa facebook termasuk online learning dan penggunaan facebook dianggap tidak berkelanjutan hanya sebagai penunjang saja, dan dua mahasiswa yang memiliki alasan tersebut. Alasan ketiga; Sudah pernah merasakan online learning (facebook termasuk online learning) sebelumnya, dan dua mahasiswa yang memiliki alasan tersebut.  Dari keduapuluh mahasiswa yang menjawab yes dan no dikelompokkan menjadi empat berdasarkan alasannya masing-masing. Alasan pertama; belum pernah menggunakan facebook sebagai media pembelajaran dan dianggap tidak berkelanjutan dan tidak menyeluruh, terdapat tujuh mahasiswa yang memiliki alasan tersebut. Alasan kedua; sudah pernah merasakan online learning (facebook termasuk online learning) dan dianggap berkelanjutan dan menyeluruh, terdapat tujuh mahasiswa yang memiliki alasan tersebut. Alasan ketiga; belum pernah menggunakan facebook sebagai media pembelajaran dan dianggap berkelanjutan dan menyeluruh, terdapat dua mahasiswa yang memiliki alasan tersebut. Dan terakhir alasan keempat; belum pernah menggunakan facebook sebagai media pembelajaran, terdapat empat mahasiswa yang memiliki alasan tersebut.
Dapat kita lihat, jawaban dari masing-masing mahasiswa beragam walaupun cenderung serupa. Karena masing-masing mahasiswa berpendapat sesuai dengan pengalaman dan pemikirannya sendiri.


      D.      KESIMPULAN
Berdasarkan data keseluruhan dapat disimpulkan keaktifan mahasiswa TP reguler 2012 dalam forum diskusi facebook mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan masih tinggi, karena mayoritasnya menjawab pertanyaan apa yang Ibu Retno ajukan, yaitu Apakah forum diskusi facebool DIP ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini?”. Jawaban dari pertanyaan tersebut memiliki jawaban yang beragam. Karena inovasi bersifat relatif dan tergantung pada masing-masing individu itu sendiri.

DAFTAR PUSTAKA
https://www.facebook.com/groups/609115625823877/

Roger, Everett M. 1995. Diffusion of Innovations Four Edition.New York: The Free Press