Minggu, 28 September 2014

TATA CARA PENULISAN BUKU TEKS PELAJARAN

Apa itu buku teks pelajaran? Buku teks pelajaran adalah buku teks yang dijadikan acuan wajib bagi siswa maupun guru untuk membantu kegiatan pembelajaran di sekolah atau perguruan tinggi yang disusun secara sistematis oleh ahli atau pakarnya dengan standar nasional pendidikan.
Fungsi utama buku teks pelajaran adalah menyampaikan informasi yang mudah dibaca dan sesuai dengan kebutuhan siswa berdasarkan kurikulum yang nantinya dapat dijadikan salah satu sumber belajar siswa dan dapat dimanfaatkan guru dalam menyiapkan pembahasan materi yang akan disampaikan ke siswa di dalam kelas. Bahasa yang digunakan dalam buku teks pelajaran harus mudah dimengerti oleh peserta didik, karena terkadang Bahasa yang digunakan masih berorientasi pada penulis itu sendiri dan belum berorientasi pada peserta didik. Dengan demikian, peserta didik akan sulit memahami maksud dari materi yang disajikan di dalam buku teks pelajaran.
 Berikut adalah kesimpulan saya mengenai apa yang perlu diperhatikan dalam menulis buku teks pelajaran setelah membaca lima tulisan mengenai tata cara penulisan buku teks pelajaran.

A.      Hubungan Kurikulum dan Buku Teks Pelajaran
Buku teks erat kaitannya dengan kurikulum. Dengan begitu, buku teks pelajaran harus mengacu pada kurikulum yang sedang berlaku pada pendidikan nasional. Berikut pengertian kurikulum menurut para ahli:

  •       Pengertian Kurikulum Menurut Beauchamp (1968): Kurikulum adalah dokumen tertulis yang mengandung isi mata pelajaran yang diajar kepada peserta didik melalui berbagai mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu, rumusan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
  •      Pengertian Kurikulum Menurut Good V. Carter (1973): Kurikulum adalah kumpulan kursus ataupun urutan pelajaran yang sistematik.
  •       Pengertian Kurikulum Menurut UU No. 20 Tahun 2003: Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
Berdasarkan pengertian para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa kurikulum adalah seperangkat atau sistem rencana isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman untuk mencapai tujuan tertentu dalam kegiatan pendidikan.
Dengan demikian, keberadaan kurikulum dan buku teks pelajaran selalu berdekatan dan berkaitan. Namun perlu diketahui, kurikulum tidak dapat menentukan segalanya. Penulis buku teks pelajaran memiliki tanggung jawab besar dalam menjabarkan isi kurikulum ke dalam bentuk buku teks.
Dengan adanya kurikulum sangat membantu para penulis buku teks pelajaran dalam menentukan sasaran, tujuan, materi, dan metode dari buku teks pelajaran yang akan ditulisnya. Sehingga buku teks pelajaran yang ditulisnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan dapat dimanfaatkan  dengan semaksimal mungkin.
B.      Prinsip Pembuatan Buku Teks Pelajaran
Dalam membuat sebuah buku teks pelajaran terdapat beberapa prinsip yang perlu diperhatikan, yaitu prinsip relevansi, prinsip konsistensi, dan prinsip kecukupan.
1.       Prinsip relevansi, maksud dari prinsip relevansi adalah keterkaitan, di mana materi yang disajikan harus relevan dengan standar kompetensi yang ingin dicapai
2.       Prinsip konsistensi, maksud dari prinsip konsistensi adalah keajegan, di mana bahasan materi yang disajikan di dalam buku teks pelajaran harus sama jumlahnya dengan kompetensi dasar yang harus dicapai
3.       Prinsip kecukupan, maksud dari prinsip kecukupan adalah materi yang disajikan di dalam buku teks pelajaran harus cukup agar peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Materi yang disajikan tidak boleh terlalu sedikit maupun terlalu banyak, karena jika terlalu sedikit dikhawatirkan peserta didik tidak mencapai tujuan pelajaran yang telah ditentukan dan jika terlalu banyak dianggap akan membuang-buang waktu dan tenaga.

C.      Ketentuan-ketentuan Pembuatan Buku Teks Pelajaran
Buku merupakan sekumpulan informasi pengetahuan yang dapat dijadikan pedoman atau sumber pengetahuan, maka dalam penulisan buku teks Pelajaran diperlukkan beberapa ketentuan agar buku yang disusun memberikan informasi yang utuh, adapun ketentuannya adalah: 
             1.       Persyaratan yang berkaitan dengan isi
a)      Memuat sekurang kurangya materi minimal yang harus dikuasai peserta didik/diklat
b)      Relevan dengan tujuan dan sesuai dengan kemampuan yang akan dicapai
c)       Sesuai dengan ilmu pengetahuan yang bersangkutan
d)      Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
e)      Sesuai dengan jenjang dan sasararan
f)       Isi dan bahan mengacu pengembangan konsep, prinsip, teori
g)      Tidak mengandung muatan politis maupun hal yang berbau sara
            2.       Persyaratan  penyajian
a)      Uraian teratur sesuai dengan urutan setiap bab
b)      Ualing memperkuat dengan bahan lain dan kontekstual
c)       Menarik minat dan perhatian sasaran pembaca
d)      Menantang dan merangsang untuk dibaca dan dipelajari
e)      Mengacu pada aspek koginitif, afektif dan psikomotor
f)       Penyajian yang menggunakan bahasan ilmiah dan formal
            3.       Persyaratan yang berkaitan dengan bahasa
a)      Menggunakan bahasa Indonesia yang benar
b)   Menggunakan kalimat yang sesuai dengan kematangan dan perkembangan  sasaran  pembaca
c)       Menggunakan istilah, kosakata, indeks, symbol yang mempermudah pemahaman
d)      Menggunakan kata kata terjemahan yang dibakukan
            4.       Persyaratan yang berkaitan dengan Ilustrasi
a)      Relevan degan konsep, prinsip yang disajikan
b)      Tidak menggunakan kesinambungan antar kalimat, antar bagian, dan antar paragraf
c)       Merupakan bagian terpadu dari bahan ajar
d)      Jelas, baik dan merupakan hal-hal esensial yang membantu memperjelas materi[1]

D.      Sistematika Penulisan Buku Teks Pelajaran
Secara umum, kerangka isi buku teks pelajaran:
1.       Bagian Pendahuluan
a.       Kata Pengantar
b.      Daftar Isi
c.       Penjelasan tujuan buku pelajaran
d.      Petunjuk penggunaan buku
e.      Petunjuk pengerjaan soal latihan
2.       Bagian Isi
a.       Judul bab atau topik bahasan
b.      Uraian singkat pokok bahasan
c.       Penjelasan tujuan bab
d.      Uraian isi pembelajaran
e.      Penjelasan teori
f.        Sajian contoh
g.       Ringkasan isi bab
h.      Soal latihan
i.         Kunci jawaban soal latihan
3.       Bagian Akhir
a.       Glosarium
b.      Daftar pustaka
c.       Lampiran-lampiran

E.       Petunjuk Teknis Penulisan Buku Teks Pelajaran
Untuk melakukan penulisan buku teks pelajaran, di bawah ini terdapat beberapa petunjuk praktis yang dapat dijadikan pedoman penulisan di antaranya, yaitu:
Hal hal yang harus diperhatikan:
1.    Berilah jarak 3 spasi antara  table atau gambar dengan teks sebelum dan sesudahnya
2.  Judul tabel atau gambar diketik pada halaman yang sama dengan tabel atau gambarnya,  penyebutan menggunakan table atau gambar
3.  Tepi  kanan teks tidak harus rata , oleh karena itu kata pada akhir baris tidak harus  dipotong. Jika terpaksa dipotong tanda hubungnya ditulis setelah huruf akhir, tanpa      disisipi spasi, bukan diletakkan dibawahnya
4.  Tempatkan nomor halaman di pojok kanan atas pada setiap halaman , kecuali pada halaman pertama setiap bab dan halaman bagian awal.
5.    Semua nama pengarang dalam daftar rujukan harus ditulis.
6.    Nama awal atau nama tengah dapat disingkat asalkan dilakuan secara konsisten
Hal-hal yang tidak boleh dilakukan :
1.       Tidak boleh ada bagian yang kosong pada akhir halaman kecuali jika halamamn tersebut merupakan akhir bab
2.       Tidak boleh memotoing table atau gambar
3.       Tidak boleh memberi garis vertikal antara kolom pada table kecuali terpaksa
4.       Tidak boleh memberi tanda apapun sebagai tanda berakhirnya suatu bab
5.       Tidak boleh menempatkan sub judul dan identitas table pada akhir halaman
6.       Rincian tidak boleh menggunakan tanda hubung (-) tetapi menggunakan bullet (*) untuk    penulisan yang dilakukan dengan menggunakan komputer.
7.     Tidak boleh menambah spasi antarkata dalam suatu baris yang bertujuan meratakan tepi    kanan





[1] Mengutip dari http://aguswuryanto.wordpress.com/2010/09/02/pembuatan-buku-teks-pelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar